Nov15

Tags

Related Posts

KTT G20 Resmi Dibuka

FacebookTwitterGoogle+Share

Diiringi Tari Aborigin, KTT G20 Resmi Dibuka

Perhelatan internasional 25 negara dengan perekonomian besar di dunia dan Uni Eropa, atau biasa disingkat menjadi KTT G20 resmi dibuka pada Sabtu (15/11), pukul 13.00 waktu setempat di Brisbane International Convention Center (BCEC), Brisbane, Australia.

Menurut laporan Rachmadin Ismail dari Detikcom, upacara pembukaan dimulai dengan tarian tradisional dari suku Aborigin. Sejumlah kepala negara dari 19 negara dan Uni Eropa duduk di jejeran paling depan.

G20 Summit Brisbane Australia

Ketika pertunjukan berlangsung, terlihat residen Joko Widodo duduk di deretan paling depan di antara Perdana Menteri Australia Tony Abbott dan PM Inggris David Cameron. Ketiganya sempat bercakap singkat.

Presiden AS Barack Obama yang hadir dalam pertemuan tersebut terlihat duduk bersebalahan dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Sementara Presiden Rusia Vladimir Putin duduk bersama dengan Presiden Afsel Jacob Zuma.

Setelah pertunjukan tari usai, perhelatan G20 dibuka oleh sambutan dari PM Australia, Tony Abbott.

Dalam pidato pembukaan tersebut, Abbot menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan KTT G-20 tahun ini adalah untuk menciptakan peluang ekonomi dan peluang kerja yang terus bertambah.

“Bertambahnya peluang kerja dan ekonomi yang terus membaik. Itulah yang dunia inginkan,” kata Abbott.

Tony Abbott Joko Widodo

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menyampaikan pidato yang mencakup soal reformasi ekonomi dan perbaikan infrastruktur di Indonesia.

Sebelumnya, pada pagi hari, Jokowi juga sempat bertemu dengan Perdana Menteri Italia Matteo Renzi, dan membahas soal ekonomi kreatif.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 30 menit tersebut, Jokowi menyatakan akan berkerja sama dengan Italia berkaitan dengan bidang-bidang ekonomi kreatif, seperti produk kulit dan produk fashion lainnya.

Jokowi juga menyatakan akan menjual produk minyak kelapa sawit ke pasar Eropa khususnya ke Italia.

Sumber: Amanda Puspita Sari / CNN Indonesia

=========================

G20 Summit: World Leaders Arrive in Brisbane, Australia (CCTV News)